Halaman

Minggu, 12 Januari 2014

Saat psikotes kerja, kita juga perlu menjaga integritas lho..

Akhir-akhir ini kata Integritas menjadi sebuah kata yang populer dalam dunia kerja. Baik dalam skala perusahaan maupun individu, kita sering menemui penggunaan kata INTEGRITAS. Kalau menengok KBBI online, integritas memiliki arti /n/ mutu, sifat, atau keadaan yg menunjukkan kesatuan yang utuh sehingga memiliki potensi dan kemampuan yang memancarkan kewibawaan; kejujuran. Kalau bahasa awamnya, integritas memiliki pemahaman bahwa perilaku yang sejalan dengan perkataan.


Integritas merupakan suatu pijakan dasar di dunia bisnis. Coba bayangkan, siapa yang suka dengan suatu perusahaan yang berbohong mengenai kualitas produknya. Atau suatu perusahaan yang tidak menepati janji sesuai yang dipromokannya dulu. Sebagai konsumen, pastilah kita menghindari perusahaan perusahaan yang demikian.

Nah, prinsip ini juga berlaku sebaliknya. Coba bayangkan, apakah ada perusahaan yang mau merekrut karyawan yang tidak jujur? Apakah ada seorang user atau atasan yang mau memperkerjakan orang yang jelas-jelas suka berbuat curang? 

Pengalaman beberapa kali membantu proses rekrutmen karyawan, saya merasa sedih jika mengetahui ada orang yang berbuat curang saat mengerjakan tes seleksi tersebut. Sedih karena biasanya mereka pasti ketahuan daaaaaan akibatnya mereka langsung dicoret atau di blacklist.  Padahal kan, bisa jadi sebenarnya mereka mempunyai potensi yang bagus. Dan bisa jadi sebenarnya mereka adalah orang-orang yang jujur dalam kesehariannya. namun dikarenakan keinginan yang terlalu kuat untuk diterima kerja menjadikan mereka berbuat curang saat proses psikotes.

Jika ada yang bertanya, apa sih tips nya untuk lolos psikotest kerja? saya akan menjawab dengan kalimat simple "just be the best you". Tidak perlu curang dan tidak perlu memanipulasi apa pun deh. Soalnyaaa biasanya dalam psikotes itu diberi beberapa jenis tes yang nanti akan dilihat ke-konsisten-an hasilnya. Maka, kalau ada orang yang memanipulasi satu tes nya, itu akan ketahuan saat proses skoring. Dan jika telah demikian, maka individu tersebut akan langsung diberi catatan khusus. 

Yaps, just be the best you and keep your integrity held high.

Cheers!

Narastri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar