Halaman

Jumat, 10 Januari 2014

PROGRES


@TungDW What will make you HAPPIEST and feeling most ALIVE comes down to one simple thing: PROGRESS
yap, Progres! dalam KBBI kita bisa menemukan arti kata progres sama dengan /n/ kemajuan. Sebuah kata yang simple namun memiliki dampak kebahagiaan yang besar dalam hidup kita. Secara implisit, kata progres ini bermakna perubahan ke tempat yang lebih baik. Tidak hanya sekedar berubah, namun berubah ke arah yang lebih baik. Mungkin, tidak semua orang menyukai adanya perubahan dalam hidup mereka. Namun dapat dipastikan semua orang menyukai kemajuan atau progres dalam hidupnya.



Coba kita ingat kembali kisah lomba lari antara kelinci dan kura-kura. 

***

Kelinci, hewan yang terkenal berlari cepat itu melihat temannya kura-kura yang berjalan lambat. Geli melihat lambatnya kura-kura, si kelinci tersebut pun mengejek sang kura-kura yang berjalan lambat

"Hei kura-kura, pernahkah kamu tiba di tujuanmu?" kata sang kelinci sambil tertawa.
"Ya, tentu saja. Dan saya bisa tiba di tempat tujuan lebih cepat dari yang kamu bayangkan" jawab sang kura-kura.
"Oh ya? mari kita buktikan dengan berlomba!!" tantang sang kelinci. Kura-kura pun mengiyakan.

Maka dilaksanakanlah lomba lari tersebut. Sang Rubah menjadi wasit untuk mereka berdua.
"Priiiiiiiiiiiiiit, mulai!" teriak sang rubah.


Tidak menyia-nyiakan sedetik pun, sang Kelinci langsung melesat dengan cepat hingga hampir tak terlihat lagi. "akan kubuktikan kepada si lamban itu, bahwa kecepatan lari ku adalah modal segala-galanya bagi kemenangan yang akan kuraih", pikir sang kelinci. Belokan demi belokan telah dilaluinya. Kelincipun menengok ke belakang untuk melihat pesaingnya. "Ah, sepertinya si lamban itu sudah tertinggal jauh". Terlena dengan pencapaian yang telah dimilikinya, sang kelinci pun ingin istirahat sebentar. Toh kura-kura juga masih ketinggalan jauh, berarti tak masalah bagi dirinya untuk memanjakan badannya dengan tidur sejenak.

Sementara itu sang Kura-kura tetap berjalan. Perlahan demi perlahan. Sedikit demi sedikit. Belokan demi belokan. Dan akhirnya kura-kurapun melewati tempat di mana kelinci sedang tidur. Melihat kelinci yang tidur, kura-kura pun tetap berjalan untuk mencapai tujuan. 

Saat sang kura-kura sudah mendekat garis finish, kelinci pun terbangun dan terkaget. Ia berusaha berlari sekencang-kencangnya untuk mencapai garis finish terlebih dahulu. Tetapi apa daya, walaupun sang kelinci berlari sekuat tenaga, ia tidak dapat mengalahkan kura-kura yang telah mencapi garis finish terlebih dahulu.

"priiiiiiit priiiiiiit priiiiiiiiiiiiiiiiit, dan pemenangnya adalah Kura-kura!!!!" teriak sang Rubah mengakhiri lomba lari tersebut.

***

Sekali lagi, Progres! berfokuslah untuk selalu mengalami kemajuan dalam hidup kita. Walau pelan, namun yang terpenting adalah kita selalu mengalami kemajuan. Dan teraaakhir... saya ingin mengutip kata-kata super yang pernah dituliskan oleh teman saya.


"Jangan bangga berada di tempat yang tinggi, banggalah di tempat yang naik. Jangan bangga di posisi terdepan tapi banggalah di posisi yang selalu maju." - Aji Cokro dengan sedikit editan oleh Narastri :)

4 komentar:

  1. fotonya bagus, di kampusku soalnya :D

    BalasHapus
  2. Oh wow,, kebahagiaan paling tinggi bagi penulis adalah bila karyanya bisa mem-progresif-kan pembaca.

    nice to be mentioned. thanx :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. u're very welcome aji... ayo nulis lagi jiiiiiii..... mana tulisan-tulisan mu lagiii??

      Hapus