Halaman

Minggu, 26 Januari 2014

Review Buku : Kerja cerdas, dong! (part 1)

Judul : Kerja cerdas, dong!
Penulis : Prabu Ganendra
Penerbit : Real books

Buku ini berisi kumpulan biografi singkat enam orang Indonesia yang sedang naik daun. Keenam orang tersebut adalah :
1. Chairul Tanjung
2. Hary Tanoe
3. Sandiaga Uno
4. Dahlan Iskan
5. Jokowi
6. Ahok




Semua orang yang disebutkan diatas adalah orang-orang yang berpengaruh di Indonesia. Kesamaan latar belakang yang mereka punya adalah  rata-rata lahir dari keluarga yang tergolong tidak berpunya. Satu kunci yang sama-sama mereka pegang untuk membuka pintu kesuksesan adalah : KERJA KERAS.

Chairul Tanjung : "kalau gagal, coba lagi. Gagal lagi, coba lagi. Terus begitu, sampai gagalnya menyerah dan tidak datang lagi." itulah motto hidup beliau. Coba sekarang, siapakah yang tidak mengetahui trans crop? itu loh dua stasiun TV yang beberapa tahun ini memiliki rating acara tertinggi. Yups trans 7 dan transTV. atau siapa sekarang yang belum pernah melihat pusat perbelanjaan carefour? atau siapa saat ini yang belum pernah mendengar website portal berita detikcom? Saya yakin semua dari kita sudah akrab dengan nama-nama perusahaan yang disebutkan barusan. Apakah kalian tau siapa pemiliknya? atau siapa pemilik sahamnya? ya, dialah Chairul Tanjung. dan Apakah kalian tau bahwa dalam sejarah kehidupannya dia pernah mengalami kondisi yang miskiiiin sekali sampai hampir-hampir ia tidak bisa membayar zakat fitrah pada malam lebaran? Yups, dia pernah mengalaminya saat masih duduk di bangku sekolah. Namun saat ini, kondisi tersebut berbalik 180*. Ia telah menjadi salah satu konglomerat Indonesia.

Hary Tanoe. "Kita coba usaha, lalu tidak berhasil. Namun kita enggan untuk mempelajari mengapa kita tidak berhasil. Kemudian, kita malah mencoba hal lain yang berujung kegagalan lagi. Itu yang tidak bagus. Itu sama saja buang-buang waktu." Kalimat tadi merupakan pesan seorang Hary Tanoe kepada para pengusaha muda. Pengalaman pahit yang dimilikinya adalah pernah kehilangan sebuah perusahaan dalam waktu satu malam. Hal itu terjadi saat krisis moneter tahun 1998. Padahal saat itu Hary Tanoe bisa dikatakan baru saja memasuki dunia bisnis. Ia sempat mengalami frustasi dan akhirnya hijrah ke Singapura. Namun ia berhasil bangkit kembali. Dan saat ini ia telah memiliki MNC group yang mempunya tiga stasiun TV nasional yakni RCTI, Global TV, dan MNC TV. Saat ini ia menduduki peringkat ke-22 orang terkaya di Indonesia versi majalah Forbes 2011.

Sandiaga Uno. "kerja keras, kerja cerdas, kerja tuntas, dan kerja ikhlas." merupakan etos kerja Sandiaga Uno. Ia juga menekankan bahwa wirausaha bukanlah profesi namun pola pikir. "Karyawan yang memiliki think outside the box akan memiliki peluang sukses yang lebih besar daripada karyawan yang tidak mempunyai jiwa entrepreneur." Sandiaga Uno pernah  memiliki riwayat menjadi seorang karyawan yang di PHK pada tahun 1997. Namun keinginnya yang kuat untuk survive telah mendoronya untuk terjun ke dunia bisnis. Ia mendirikan Saratoga Capital sebuah perusahaan investasi , yang saat ini tercatat sebagai perusahaan investasi terbesar di indonesia. Lalu ia meluaskan jaringan bisnisnya dengan membeli Bank Tabungan Pensiunan Negara (BTPN), Grand Kemang Hotel, Losari Resort, Mandala airlines, dan masih ada beberapa bisnis lainnya. Tidak heran ia telah menjadi orang terkaya nomer 37 versi majalah Forbes 2011.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar