Halaman

Rabu, 25 Januari 2017

Manajemen Emosi Bagi Orang Sibuk

"Hidup ini intinya adalah ibadah. Apapun yang kita kerjakan, semuanya bernilai  untuk menambah tabungan kita di akhirat." 

Maka, tenanglah saat harus mengerjakan banyak tugas sekaligus, Karena hakikatnya tugas-tugas yang beragam itu  bernilai sama.

Pasti ada kalanya kita pusing untuk membagi waktu, mengerjakan banyak tugas dari banyak peran yang dijalankan. Misalnya satu orang bisa saja memiliki peran sebagai mahasiswi, sebagai seorang istri, dan sebagai seorang ibu. Saat sedang mengurus anak, seringkali kepikiran mengenai tugas kuliah yang belum tersentuh. Saat tiba moment untuk dapat menyentuh tugas kuliah, eeh tiba-tiba anak menangis dan butuh diperhatikan.

atau ambil contoh lainnya, seorang yang memiliki peran sebagai seorang anak yang harus berbakti pada orang tua dan peran sebagai seorang sahabat yang perlu saling membantu. Saat sudah  ada janji mau membantu sahabat mengerjakan skripsinya, tiba-tiba orang tua meminta untuk diantarkan pergi ke suatu tempat.

Kejadian seperti di atas, yakni menyelesaikan banyak tugas dari banyak peran yang kita lakoni, pastilah tidak hanya terjadi satu dua kali saja. Dapat terjadi setiap hari. Bayangkan kalau kita tidak memiliki manajemen emosi yang baik, bisa streeeeess banget menjalani semua ini. Saat menjalani tugas A, kepikiran tugas B, saat menjalani tugas B kepikiran tugas C. aagh ga ada habisnya kalau kita mau memikirkan tugas yang belum selesai. Selama kita hidup pasti lah ada tugas-tugas yang harus dikerjakan.

Salah satu manajemen emosi yang bisa kita lakukan adalah, meyakini bahwa semua yang kita jalani ini bernilai sama, yakni sebagai ibadah ke Allah. Saat tujuan kita ditarik ke level paling tinggi, yakni bertujuan untuk mendapatkan pahala atau ridho dari Tuhan Yang Maha Esa, maka level-level yang levih rendah dari itu, (seperti penilaian orang lain, penilaian performansi kerja, dll) akan menjadi tidak lebih penting. Sehingga kecemasan, rasa deg2an, rasa grasah grusuh akan terminimalisir.

percaya?
give it try! and write it as a comment :)


Narastri Utami






Tidak ada komentar:

Posting Komentar