Halaman

Minggu, 22 Desember 2013

Outbond Training bersama Guru SMK N 1 Yogyakarta

Alhamdulillah Training Komunikasi dan Motivasi untuk para guru SMK N 1 Yogyakarta yang berlangsung tanggal 21-22 desember telah berjalan lancar. Rangkaian kegiatan kali ini terdiri dari Training Indoor pada malam hari lalu dilanjutkan dengan Training Outdoor pada pagi harinya dan ditutup dengan jalan-jalan di daerah wisata Tlogo Putri Kaliurang.

Training indoor kali ini disampaikan oleh pemateri pak Herman Dody sedangkan untuk sesi Outbond diselenggarakan oleh teman-teman dari ASA Education Center.
Point penting yang ingin kami sampaikan pada training indoor dan outdoor ini adalah memahami kembali arti dari komunikasi. Banyak dari kita yang menganggap bahwa komunikasi hanyalah proses menyampaikan informasi kepada orang lain. Sehingga terkesan bahwa komunikasi hanyalah "memberi". Padahaaaaaal, arti dari komunikasi adalah saat kita mengirim pesan dan juga MENERIMA feedback yang kita inginkan.

Penting sekali bagi para guru saat mengajar muridnya, tidak hanya sekedar MENYAMPAIKAN materi yang ada di silabus. Namun, sebaiknya para guru juga memastikan bahwa murid-murid itu paham dengan apa yang disampaikan. Hal ini bisa dilakukan dengan "mengkalibrasi" atau memastikan bahwa murid-murid kita memang benar-benar paham. Salah satu cara yang paling sering dan mudah dilakukan oleh para guru adalah dengan memberi soal atau pertanyaan kepada muridnya, agar kita dapat melihat apakah murid murid tersebut memberi jawaban sesuai yang kita inginkan.

Semangat dan teknik berkomunikasi efektif lah yang telah coba kami tanamkan di rangkaian training dua hari tersebut. Termasuk pada rangkaian outdoor training, kami mendesain permainan-permainan yang menantang pada kemampuan komunikasi antar anggota. Perpaduan metode ceramah dan outbond kami desain sedemikian rupa supaya memang benar-benar menjadi pembelajaran yang efektif dan juga menyenangkan bagi para bapak ibu guru SMK N 1 Yogyakarta. Semoga training kemarin membawa manfaat bagi semua pihak. 


Cheers!

Narastri Utami


Tidak ada komentar:

Posting Komentar