Halaman

Minggu, 17 November 2013

Stop Sabotase Diri Sendiri!

Pernahkah kamu mendengar istilah "sabotase diri sendiri"? Menilik kamus besar bahasa indonesia, Sabotase memiliki arti 1. pemberontakan, 2. penghalangan produksi atau tindakan merusak dan menentang kelancaran kerja. 
Dengan demikian, sabotase diri sendiri bisa diartikan sebagai tindakan menghalangi potensi diri sendiri yang sedang ingin dikeluarkan. Untuk lebih mudahnya kita lihat dari contoh berikut ini.
Kemarin sabtu tanggal 16 November saya diminta untuk menjadi translator pada sebuah acara training indoor dengan karyawan dari Standard Chartered Bank. Pimpinan bank tersebut merupakan orang India yang belum dapat berbicara bahasa Indonesia dengan lancar. Saya diminta untuk menerjemahkan bahasa indonesia ke bahasa inggris untuk beliau pada sesi games. Sebenarnya tugas saya sangatlah sederhana, yaitu hanya mentranslate beberapa kalimat instruksi game kepada beliau.


Yups, kalau dipikir-pikir, tugas saya sangatlah sederhanaaaaaa sekali. Namun, dikarenakan ini merupakan pengalaman pertama kali saya menjadi translator di depan umum, tentulah persaan gugup mendominasi. Saya gugup membayangkan harus berbicara dengan bahasa inggris di depan 270 peserta dan di depan seorang pimpinan yang notabene bukan orang indonesia. Saya takut, membayangkan bagaimana jika bahasa inggris saya tidaklah jelas dan Mr Sugi (pimpinan bank standard charter) tidak dapat memahami kalimatnya. 

Dapat dikatakan, pikiran-pikiran negatif menyerang saya sebelum acara dan hampiiiiiir saja saya ingin mengundurkan diri. Saya terpikir untuk menolak tugas tersebut dikarenakan merasa belum memiliki pengalaman. Saya pun merasa belum pantas menjadi translator dikarenakan nilai toefl saya yang masih belum tinggi. Ah pokoknya sampai detik terakhir sebelum maju ke panggung, saya masih memiliki pikiran untuk mengundurkan diri. 

Nah, saat itu, jika saya benar-benar mengundurkan diri dapat dikatakan saya telah mensabotase diri saya sendiri. Menghilangkan kesempatan untuk mengaktualisasi diri. Memutuskan jalur keluarnya potensi yang mungkin memang waktunya untuk ditunjukkan.
Alhamdulillah, saya tidak jadi mengundurkan diri. Bermodal nekat saya tetap maju ke panggung untuk mendampingi Mr Sugi. Di moment tersebut, ada satu lagu yang saya ingat dan saya putar terus menerus dalam kepala, yakni lagunya Sherina - Sing Your Mind Out. 
Sherina dengan baiknya telah mengingatkan untuk :
Unlock your power 
reveal what you can really do 
no more running away, today go fight your way
Yups!!!
No running away. No running away.

Janganlah mensabotase diri mu sendiri. Karena kita tidak pernah tau dengan tepat potensi sebenarnya yang kita miliki. Just embrace yourself!! :)

Terimakasih Sherina untuk telah menciptakan lagu ini.
Sing Your Mind Out
by Sherina
Many times you don’t realize 
the spirit within you 
can spread like fire to everyone around you
don’t you wait for a second chance 
you gotta use the time 
to see countless faces that can use a little smile

Unlock your power 
reveal what you can really do 
no more running away, today go fight your way

Reff :
And sing your mind out
ooh sing without doubt ooh 
let me hear your voice, i wanna hear what you say 
sing your mind out, wooo

It is time that you realize 
the strenght you’ve had all along 
like the star shining in the sky glowing for everyone around you 
don’t you wait, don’t you hesitate, 
you gotta use the time 
to see countless faces that can use a little smile 
shine your light even just for awhile

Unlock your power reveal what you can really do 
no more running away , today go fight your way

Back to Reff
Like the star shining in the sky 
no more running away, today go fight your way
Sing your mind out ooh sing without doubt ooh  
let me hear your voice, i wanna hear what you say 
sing your mind out wooo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar