Halaman

Minggu, 24 November 2013

When you fall, simply get up again.

Ada kejadian menarik yang saya alami dalam satu minggu ini. Entah ini kejadian bodoh atau kejadian yang sebenarnya penuh makna tersirat. Kejadian tersebut adalah saya jatuh (dalam arti sesungguhnya) disaat berlangsung dua moment yang penting.

Yang pertama, saya jatuh dari panggung dihadapan 270 orang peserta training indoor. Waktu itu saya terpleset karena saat turun dari panggung ada satu anak tangga yang tidak saya lewati.
Untung saja trainernya berhasil menangkap dan menahan tangan saya sehingga wajah ini tidak sampai mencium lantai. Saya ingat dengan jelas, ada banyak orang yang berteriak saat saya jatuh. Malu? Oh jangan ditanya. Jelas malu sekali. Tapi tindakan satu-satunya yang terpikir oleh saya saat itu hanyalah segera menegakkan badan. Yups. Segera memijak tanah dengan sempurna dan tersenyum kepada peserta training sembari berkata "So, sorry".

Yang kedua adalah saya jatuh di depan rumah klien dan disaksikan oleh orang rumah saat mereka mengantar saya ke depan pintu gerbang. Saya sebagai mahasiswa yang sedang melakukan praktek profesi psikolog, melakukan home visit kerumah klien. Nah, setelah usai segala keperluan, saya berpamitan dengan klien. Waktu itu saya diantar sampai depan pintu gerbang mereka. Saat sedang membuka pintu gerbang saya terjatuh sampai terduduk di aspal. Malu? oh jelas banget!! Tapi seperti kejadian jatuh yang pertama, tindakan satu-satunya yang terpikir oleh saya adalah segera berdiri, segera menegakkan badan. Sambil tersenyum ke orang rumah, saya mengatakan "hehe malu saya pak" dan orang rumah klien saya terlihat hanya senyum senyum, mungkin sambil menahan tawa. =D

When you fall, simply get up again.

Ya! Disini saya belajar bahwa saat kita benar-benar terjatuh, maka tindakan yang perlu dan bisa kita lakukan adalah berdiri lagi. Simple. Se-simple itu. Tidak perlu berfikir lama-lama. Tidak perlu memikirkan masa lalu yakni penyesalan kenapa kita bisa sampai jatuh. Dan tak perlu terlalu memikirkan jauh ke masa depan apa kemunkinan yang dapat terjadi saat kita bangkit nanti.

Yang perlu kita lakukan hanyalah berdiri. Itu saja. Se-simple itu.
Oleh karenanya, tidak lah perlu takut jatuh.
Karena setiap ketika kita jatuh, kita hanya perlu berdiri lagi saja. =)

Cheers!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar