Halaman

Minggu, 16 Februari 2014

Pilih gunung atau Pantai? kenapa?

Coba jawab pertanyaan ini dengan cepat tanpa berfikir terlalu lama. Pertanyaan ini tidak membutuhkan pengetahuan luas. Siapa pun bisa menjawabnya. Dan tidak ada jawaban benar ataupun salah. 
"Kamu lebih suka ke gunung atau ke pantai dan kenapa?". Konon pertanyaan ini kerap digunakan oleh para psikolog, terapis, hipnoterapis untuk mengetahui kecenderungan "preferensi" seseorang.

Kalau saya sendiri sih lebih suka ke gunung. Kenapa? Karena adem. 


Nah, dari jawaban tersebut bisa disimpulkan bahwa saya adalah orang dengan tipe kinestetik. Saya lebih suka untuk "merasa" dibanding melihat dan mendengar. 

Hmm... Stop. stop sebentar. Apakah uraian singkat di atas tadi membuatmu tambah bingung? Hmm kalau begitu, mari kita mulai dari awal. Penjelasan dari yang paling sederhana, yakni dari sebuah teori yang membagi manusi menjadi tiga preferensi. Tiga preferensi tersebut adalah manusia tipe visual, tipe auditori dan tipe kinestetik. 

Tipe visual adalah orang yang lebih suka melihat. Ia lebih mudah mengingat hal-hal yang dilihatnya atau dibacanya. Ia lebih menikmati sesuatu yang masuk ke indera matanya.

Tipe auditori adalah orang yang lebih suka mendengar. Ia lebih mudah mengingat hal-hal yang didengarnya. Ia menikmati moment-moment diskusi.

Tipe kinestetik adalah orang yang suka merasa. Ia lebih mudah mengingat hal-hal yang ia lakukan. Ia menikmati moment-moment yang memanjakan indera kulit ataupun perasa. 

nah, sudah lebih jelas kah?

dari pertanyaan "Kamu lebih suka ke gunung atau ke pantai dan kenapa?" bisa membuat kita mengetahui preferensi orang lain.

Gimana caranya? hmm tahan dulu ya,,,, akan kita bahas di waktu yang akan datang.. :)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar