Halaman

Jumat, 02 September 2011

Meng-Akrabi Skripsi ----> (part 1)

Menunda hanyalah memperpanjang kegelisahan,
maka selesaikanlah yang harus segera diselesaikan :)

setiap mahasiswa S1, sudah pasti, akan, sedang atau telah menghadapi sebuah tantangan yang bernama SKRIPSI...Sebuah mata kuliah yang "hanya" berbobot 6 SKS (kalau di fakultas saya berbobot 7 SKS) . hmm, entah kenapa, satu mata kuliah ini fenomenal sekali. Terdapat berbagai respon yang ditunjukkan dari para mahasiswa jika menghadapi mata kuliah ini. Amati saja dari panggilan mereka terhadap nama matkul ini, ada yang memanggilnya skripshit, skripsweet, krispiskrip, dll.

Yang jelas, mata kuliah ini sungguh bisa membuat banyak generasi muda menjadi galau (?).Hanya mendengar nama SKRIPSI, seorang mahasiswa bisa jadi merasa lemas, males dan tiba-tiba emosi tinggi. Bahkan, hanya karena skripsi, sebuah persahabatan bisa menjadi rusak. Pasalnya, dua sahabat akrab yang telah lama tak bersua, suatu saat bertemu dikampus. Saat rasa kangen itu sedang mencapai ubun-ubun, eeeh ternyata temen akrab kita itu menanyakan hal sensitif : "skripsi mu udah sampai bab berapa?"
Jedyeeer!! ini rasanya  #nyesek.

hehe...
------------------------------------------------------------------------------------------------------
Sudah menjadi kebiasaan saya, saat hendak memasuki "dunia" baru, sebisa mungkin saya mencari 'guru' untuk diskusi. Agar saya punya bayangan yang "tepat" mengenai dunia tersebut. Yah, ibaratnya kita lagi mau menyiapkan diri tuk pergi ke Yunani, negara yang belum pernah kita datangi. Salah satu persiapan yang pintar adalah dengan bertanya kepada orang yang pernah tinggal disana. Mempelajari bagaimana kehidupan disana dan segala persiapan apa saja yang perlu dilakukan. Nah, hal ini juga saya lakukan saat akan memasuki dunia skripsi.

Thx God, saya jadi punya bayangan lalu menyimpulkan bahwa saat memasuki dunia skripsi, seseorang itu membutuhkan 3 jenis persiapan.
1. persiapan pola pikir yang positif
2. persiapan teknis dan materi
3. persiapan SEGUDANG MOTIVASI

Tiga persiapan itu sangat penting untuk dilakukan. Kesemuanya saling berhubungan satu sama lain Misalnya persiapan pola pikir,,,hmm kita tau bahwa persepsi seseorang akan mempengaruhi reaksi nya. Nah, persepsi mahasiswa tentang skripsi akan melahirkan reaksi2 tertentu. oleh karena itu, penting sekali mempunyai pola pikir yang positif. Mengenai persiapan pola pikir bisa dibaca disini. Persiapan selanjutnya adalah persiapan teknis dan materi, hmm kalau yang ini pasti sudah jelas ya? dan yang terakhir adalah persiapan SEGUDANG MOTIVASI.. yup, SEGUDANG!! karena kalau motivasi nya cuma pas-pasan, ntar ngerjain skripsinya juga cuma pas-pasan..

Nanti akan saya bahas persiapan-persiapan skripsi itu satu persatu secara mendalam di artikel berikutnya... :)

2 komentar:

  1. qoute nya josss
    menunda2 malah bikin numpuk :)
    Fridi Graphic

    BalasHapus
  2. iyaa.. quote itu lah yg aku pegang selama ngerjain skripsi ^^, yeay!! thx ya mas Fridi :)

    BalasHapus